Monday, 18 October 2021

Surabaya (18/10) – Pelindo Marines menerima kunjungan Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim (PJM) Prasetyadi beserta seluruh jajaran Direksi, di Kantor Pusat Pelindo Marines, Surabaya, Senin (18/10). Pasca-penggabungan BUMN pelabuhan menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) pada awal bulan ini, koordinasi lanjutan di antara entitas usaha di bawah bendera Pelindo Group terus ditingkatkan. “Kunjungan Direktur Utama dan Direksi PJM ke Pelindo Marines menjadi kunjungan kerja yang penting untuk membangun kesepahaman langkah integrasi proses bisnis dan pengembangan pasar ke depan. Terutama terkait layanan marines pada ekosistem pelabuhan,” kata Direktur Komersial, Operasi, dan Teknik Pelindo Marines, Kartiko Adi, usai menerima kunjungan.

 

Kartiko Adi kemudian juga mendampingi site visit Direksi PJM ke Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) milik Pelindo Marines di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Pada Fasharkan tersebut Prasetyadi dan delegasinya meninjau langsung sejumlah kapal tunda dan kapal pandu yang standby untuk pelayanan penundaan dan transportasi pandu di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Gresik, Jawa Timur. “Pelayanan Pelindo Marines sudah semakin berkembang. Jadi tidak hanya pelayanan di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo, tetapi juga layanan penundaan di terminal khusus dan layanan tug-and-assist untuk offshore. Selain itu juga sudah ada diversifikasi layanan berupa layanan transportasi material bioenergi, FAME, yang merupakan bagian dari Program Pemerintah RI,” jelas Kartiko Adi.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, menambahkan, bahwa potensi pengembangan bisnis dan peningkatan layanan marine akan turut meningkat seiring dengan semakin terintegrasinya ekosistem pelabuhan di bawah Pelindo pasca-merger. “Dengan penggabungan Pelindo, maka cakupan area layanan marine menjadi terintegrasi di seluruh Indonesia dengan kapasitas operasional kapal yang juga terkonsolidasi dari keempat perusahaan Pelindo sebelumnya. Terlebih kualitas layanan akan terstandarisasi dengan dukungan proses bisnis yang semakin efisien dalam satu kendali koordinasi,” jelasnya.

 

Direktur Utama PJM, Prasetyadi, mengatakan bahwa dengan kunjungan kerjanya, beserta jajaran direksi dan beberapa top level management, diharapkan dapat berdiskusi langsung agar lebih mengenal bisnis dan layanan Pelindo Marines. “Pelindo Jasa Maritim sebagai sub-holding diharapkan juga bisa mendapat gambaran terkait prospek pengembangan bisnis marine ke depan. Terutama nantinya akan semakin luasnya pasar pelayanan penundaan Pelindo Marines, serta layanan terintegrasi lainnya dari anak perusahaan yang dikelolanya,” kata Prasetyadi.




Layanan marine merupakan salah satu segmen bisnis yang bergerak cepat untuk berkoordinasi dan bersinergi setelah penggabungan Pelindo. Seperti diberitakan sebelumnya, pada September lalu, Direktur Utama PT Jasa Armada Indonesia, Tbk. (IPCM), Amri Yusuf, beserta jajarannya juga telah datang langsung ke Pelindo Marines. Pada kunjungannya tersebut sekaligus menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Pelindo Marines dan IPCM tentang Penyiapan Rencana Kerja Sama dalam Kegiatan Penyediaan dan Pelayanan Kapal.

Read more
Thursday, 14 October 2021

Jakarta (14/10) – Anak usaha BUMN Pelabuhan Indonesia untuk layanan penundaan kapal, Pelindo Marines, meraih penghargaan Top CSV Award 2021. Penghargaan tersebut diberikan atas pelaksanaan aksi sosial Donor Darah & Plasma Konvalesen Di Atas Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga yang digagas oleh Pelindo Marines pada Maret 2021 lalu. Pengumuman apresiasi tersebut disampaikan pada agenda webinar & virtual awarding ajang apresiasi Program Creating Shared Value (CSV) yang diselenggarakan oleh Majalah Infobrand, lembaga riset TRAS N Co, serta didukung oleh Universitas Airlangga, Kamis (14/10).

Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, dalam sambutannya dari Surabaya, menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas penghargaan Top CSV Award 2021 yang diberikan. “Kami, para pegawai Pelindo Marines atau yang biasa dipanggil dengan Mariners, merasa penghargaan TOP CSV Award 2021 ini sangat spesial. Karena merupakan penghargaan atau rekognisi yang diatribusikan atas niat baik dan komitmen tulus kami dalam upaya turut memberikan manfaat sosial bagi masyarakat,” ungkapnya.

 

“Saya berkeyakinan, prinsip CSV atau created shared value sangat bisa untuk terus dilaksanakan dan dikembangkan dalam langkah kiprah BUMN di Indonesia. Karena CSV sejalan dengan prioritas pertama dari 5 Prioritas BUMN, yakni Meningkatkan nilai ekonomi dan dampak sosial terutama di bidang ketahanan pangan, energi, dan kesehatan,” jelasnya.


Dr. Gancar Premananto, salah satu Dewan Juri Top CSV Award 2021 yang juga pakar CSV dari Universitas Airlangga menyebutkan, bahwa Pelindo Marines merupakan penyedia jasa di bidang kepelabuhanan. Maka pelaksanaan kegiatan CSR (corporate social responsibility/tanggung jawab sosial perusahaan) yang bernuansa kepelabuhan menjadikan masyarakat umum akan memiliki memori yang baik terhadap Pelindo Marines.

 

“Aksi sosial donor darah dan plasma konvaselen sudah banyak dilakukan beberapa institusi, namun Pelindo Marines membuat inovasi, yakni bekerja sama dengan Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, menjadi satu-satunya event donor di atas kapal. Aspek relevansi dengan bisnis inti dan inovasi yang dilakukan dalam membangun kepedulian kepada masyarakat itulah yang menjadikan kami sebagai dewan juri memasukkan aksi sosial Pelindo Marines sebagai salah satu penerima Top CSV Award 2021," paparnya, yang menjadi Dewan Juri bersama Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance dan penulis buku Lead By CSV, Mas Achmad Daniri, dan Founder Komunitas Indonesia Brand Network, Tri Raharjo.

 

Seperti yang dikutip dari website media branding, Infobrand.id, tentang proses penjurian ajang tersebut. Corporate Communications & Stakeholder Relations Manager, Pelindo Marines, Hafidz Novalsyah, pada tahap penjurian mengemukakan bahwa Pelindo Marines melihat adanya permasalahan sosial pada masa Pandemi Covid-19, yakni kekurangan pasokan darah dan plasma konvalesen. Kemudian mengintegrasikan aksi CSR perusahaan dengan branding melalui aksi donor darah dan plasma konvalesen yang menggandeng Kapal RS Terapung Ksatria Airlangga, dan kemudian akhirnya bergabung pula berbagai unsur maritim, baik Lantamal V - TNI AL, Palang Merah Indonesia, regulator, swasta bisnis, hingga komunitas masyarakat dan sukarelawan. “Agenda aksi sosial tersebut sekaligus untuk mengampanyekan pesan ‘Stop Diskriminasi Penyintas Covid-19’ dan menjadi momen koordinasi relawan yang menggagas forum komunikasi para penyintas Covid-19 di wilayah Surabaya,” katanya.

 

Selain Pelindo Marines, juga sejumlah perusahaan nasional, baik BUMN maupun swasta yang turut menerima penghargaan Top CSV Awards 2021 tersebut, di antara yaitu Pertamina, Taspen, Jasa Raharja, Bio Farma, Astra Tol Nusantara, Astra Graphia, Campina, Pupuk Kujang, Semen Gresik, dan lainnya.

Read more
Friday, 08 October 2021

Jakarta (8/10) – Pelindo Marines (BUMN Pelindo Group) berhasil mempertahankan predikat Top GRC level 4 Stars pada ajang penghargaan tahunan, Top GRC Awars 2021. Setahun sebelumnya Pelindo Marines menjadi salah satu perusahaan di industri maritim yang mulai mengikuti ajang nasional di bidang pengelolaan perusahaan dan risiko, serta kepatuhan regulasi tersebut. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dalam sambutan virtualnya pada agenda penganugerahan di Jakarta, Kamis (7/10), mendorong agar perusahaan di Indonesia intensif menerapkan prinsip GRC (Governance, Risk, and Compliance atau pengelolaan perusahaan dan risiko, serta kepatuhan regulasi).

 

“Untuk bertahan di masa Pandemi Covid-19, perusahaan (baik BUMN maupun swasta) harus tetap optimis dengan pengelolaan risiko dan kepatuhan yang tersistem dan terukur. Karena penerapan tersebut dapat membuat pertumbuhan yang dicapai perusahaan bisa berkelanjutan,” pesan Airlangga Hartarto. Lanjutnya, Pemerintah mengapresiasi upaya berbagai pihak untuk memajukan GRC. Termasuk dalam hal pemberian penghargaan seperti ini. “Selamat kepada pemenang Top GRC Awards 2021,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

 

Direktur Keuangan, SDM, dan Umum, Pelindo Marines, Lia Indi, dari Surabaya menyampaikan terima kasih atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan berbagai pihak. Lia Indi juga mengungkapkan hal senada dengan yang disampaikan oleh Menko Perekonomian. Bahwa konsistensi penerapan GRC menjadi salah satu strategi perusahaan untuk menjaga business continuity (keberlanjutan bisnis) pada masa Pandemi Covid-19.

“Manajemen Pelindo Marines terus mendorong peningkatan integrasi antara kepatuhan regulasi dalam pengelolaan perusahaan dengan perhatian yang ketat pada pengelolaan risiko yang tersistem. Kemudian juga diperkuat lagi dengan peningkatan fungsi audit internal untuk memastikan sistem tersebut berjalan efektif,” jelas Lia Indi.

 

Ia menambahkan, Pelindo Marines juga melihat penerapan prinsip GRC sebagai aspek yang penting untuk mendasari langkah ekspansi bisnis dan diversifikasi layanan pada industri maritim yang membawa perusahaan banyak berinteraksi dengan turunan regulasi global dan pengguna jasa multinasional. “Prinsip integrasi GRC dan core value BUMN, AKHLAK, saling melengkapi dan menjadi seperti menara pengawas bagi kapal perusahaan untuk berlayar melalui badai Pandemi Covid-19 dengan selamat,” ungkap Lia Indi.

Read more
Thursday, 30 September 2021

Surabaya (30/9) - The Covid-19 pandemic is not over yet. Even now the newest variant appears again after the Delta Variant. This has become a nightmare for society. This condition makes many of us start to be at risk of anxiety, depression, and have negative attitudes towards ourselves and work. In the September 2021 Edition Pelindo Marines CEO Talks took the theme related to Burnout! Burnout itself can be interpreted as a condition of being depressed at work or losing enthusiasm for work. Based on the results of the PPM Management survey, it is known that 80 percent of workers experience symptoms of stress during the Covid-19 pandemic. Director of Finance, HR and General Affairs, Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, reminded mariners to manage stress. "Hopefully mariners who are experiencing stress due to this pandemic can immediately organize their hearts so they can focus on family and work, and more importantly, so that our immunity is maintained," he said. Corporate psychologist, Meutia Ananda, as a speaker, informed that one of the strategies to avoid burnout is to identify and control emotions. One way to relieve stress is by self-healing which can help us feel more comfortable. In addition, it is also important for mariners to always think positively. "By thinking positively, it will form stability and self-resistance to things that can damage the image and emotional maturity," he concluded.

Read more
Thursday, 23 September 2021

Jakarta, 23 September 2021 pandemi covid 19 tidak menghalangi Pelindo Marines untuk tetap komitmen dalam menerapkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Komitmen ini menghantarkan Pelindo Marines meraih Penghargaan dari Indonesia Best TJSL Awards 2021 yang diselenggarakan oleh Media online Warta Ekonomi. Ajang tahunan tersebut menilai bahwa agenda CSR Donor Darah & Plasma Konvalesen di atas Rumah Sakit Terapung Universitas Airlangga oleh Pelindo Marines, layak diberikan apresiasi penghargaan Kategori Best TJSL 2021 with Outstanding Collaborative Programs to Stop Discrimination Against Covid-19 Survivors, (Category: Logistics Services). Dalam acara, Pelindo Marines di wakili Sekretaris Perusahaan Arif Nurdiyanto yang pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara “sebuah kebanggaan serta kekuatan dalam terus memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara”. Ucapan terima kasih juga turut disampaikan Pelindo Marines atas  dukungan seluruh pihak dalam penyelenggaraan CSR Donor Darah & Plasma Konvalesen, di antaranya anak usaha PT APBS, PT PEL dan PT BMC Logistik serta stakeholder yang telah berpartisiapasi seperti Lantamal 5 TNI AL, FK Unair, Palang Merah Indonesia.Pandemi covid 19 belumlah selesai, namun komitmen Perusahaan untuk tetap membantu dan mengurangi beban ekonomi kepada masyarakat sosial dalam bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) akan terus berjalan.Selamat atas apresiasi kepada Pelindo Marines, tetap menjaga komitmen dalam mengelola dan menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Read more
Thursday, 09 September 2021

Surabaya, 9 September 2021. PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan anak usaha PT Pelindo III (Persero) yaitu PT Pelindo Marine Service (Pelindo Marines) mengenai Penyiapan Rencana Kerjasama dalam Kegiatan Penyediaan dan/atau Pelayanan Kapal, di Kantor Pusat Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (9/9).

 

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama IPCM, Amri Yusuf dan Direktur Utama Pelindo Marines, Umar yang disaksikan oleh Dewan Komisaris IPCM.

 

Ruang lingkup pada Nota Kesepahaman ini meliputi inventarisasi terhadap potensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Selain itu, akan dilakukan sejumlah kajian yang berkaitan dengan kerjasama, baik dari aspek finansial; teknis; komersial; hukum dan aspek lainnya. Penandatanganan Nota Kesepahaman bertujuan untuk menjalin sinergi positif kedua belah pihak dalam memberikan kontribusi pelayanan kapal yang optimal.

 

“IPCM dan Pelindo Marines sebagai anak usaha BUMN yang bergerak di area bisnis yang sama akan memiliki sinergi yang saling melengkapi. Secara teknis implementasi kerjasama ini akan mengambil beberapa bentuk seperti knowledge sharing, layanan kapal dan perluasan pasar. Sebagai bagian dari keluarga besar Pelindo, kami berkepentingan untuk ikut mensukseskan rencana besar integrasi Pelindo. Prinsip sinergi yang kami bangun adalah prinsip tumbuh bersama menjadi bagian untuk mewujudkan dan memperkuat ekosistem logistik nasional” ujar Direktur Utama IPCM Amri Yusuf saat berkunjung ke Kantor Pelindo Marines.

 

Penandatanganan MoU dilanjutkan dengan rangkaian kunjungan lapangan ke area Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Fasharkan) Pelindo Marines.

 

Pelindo Marines merupakan anak usaha Pelindo III yang bergerak di bidang pelayanan penundaan kapal, operator kapal pandu, dan fasilitas pemeliharan dan perbaikan kapal. Dengan jenis pelayanan yang beragam, saat ini Pelindo Marines tak hanya beroperasi di wilayah kerja Pelindo III, namun mulai perluasan pasar hingga ke Sangatta, perairan Madura, dan perairan internasional Selat Malaka.

 

“Kami siap memberi dukungan penuh pada proses sinergi yang akan dilakukan bersama dengan IPCM. Kerja sama ini akan meningkatkan kolaborasi kompetensi dan tukar pengalaman masing-masing, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perluasan pasar bersama dengan efisien, serta memberikan nilai tambah pada pelayanan ke pengguna jasa marine,” kata Umar, Direktur Utama Pelindo Marines.

 

Umar juga menambahkan, bahwa kedua perusahaan akan mempersiapkan perangkat-perangkat hukum yang diperlukan atas pelaksanaan kerja sama tersebut. "Setiap langkah dalam proses sinergi diharapkan berjalan sesuai kepatuhan pada regulasi terkait dan prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik," tambahnya.

Ditandatanganinya MoU ini menjadi momentum awal sinergi dua perusahaan layanan marine dan juga sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kementerian BUMN yaitu Pelindo Bersatu. Harapan kedepan, kolaborasi IPCM dan Pelindo Marines dapat memperkuat dan meningkatkan nilai tambah di bidang logistik maritim Indonesia.

Read more