• Home
  • News
  • Rapat Kerja Pelindo III: Sinergi Nasional Menuju Indonesia Maju
Rapat Kerja Pelindo III: Sinergi Nasional Menuju Indonesia Maju
Monday, 02 December 2019

BUMN Pelindo III menggelar Rapat Kerja bertema Sinergi Nasional Menuju Indonesia Maju di Grha Barunawati, Surabaya (2-3/12). Raker tersebut tidak hanya dihadiri top level management di Pelindo III Group, tetapi juga pembicara dari 8 provinsi dan 5 kementerian. Di antaranya yaitu Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.
Direktur Utama Pelindo Marine Service, Eko Hariyadi Budiyanto, yang hadir juga turut berdiskusi dengan pembicara Kepala Bappeda DI Yogyakarta Yohanes Dwi Wahyono, terkait kesiapan provinsi tersebut dalam mengembangkan pelabuhan perikanan.
Karena tidak hanya infrastruktur pelabuhan, tetapi juga fasilitas cold storage dan koordinasi dengan jaringan rantai pasok industri perikanan rakyat dan pengusaha eksportir. Kapal keruk PMS telah berpengalaman mengerjakan proyek pengerukan di Kulon Progo, DIY.
Direktur Utama PT Pelindo Energi Logistik, Kokok Susanto, juga memantik diskusi. Ia bertanya kepada Staf Ahli Menteri ESDM, Sampe L. Purba, terkait bagaimana kesiapan masterplan Pemerintah tentang kesiapan alur transportasi energi dari titik produksi ke titik konsumsi di Indonesia. Transportasi energi sangat menantang karena Indonesia merupakan negara kepulauan.
Sampe L. Purba menjawab dengan paparannya bahwa masterplan dasar sudah disiapkan dan masih terbuka peluang bisnis untuk berbagai pihak, termasuk BUMN untuk mengembangkan layanan transportasi logistik di Indonesia.